Organisasi Jurusan BK

Secara organisatoris Jurusan Bimbingan dan Konseling dipimpin oleh seorang Ketua Jurusan dibantu oleh seorang Sekretaris Jurusan. Dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi jurusan, baik di bidang pendidikan akademik, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat, dibentuk beberapa satuan tugas (Satgas) yang anggotanya terdiri atas para Dosen Jurusan BK. Satuan tugas tersebut meliputi Satgas Pembina Matakuliah, satgas Skripsi, Satgas Praktikum BK, Satgas Pengabdian pada Masyarakat, Satgas Evaluasi Kegiatan Pembelajaran, Satgas Penelitian dan Seminar, Satgas Penerbitan Karya Ilmiah dan Buku Ajar, Satgas Kemahasiswaan, Satgas Organisasi dan Kelembagaan serta  Satgas Pengelola Nilai dan Peneliti Yudisium. Tugas dari setiap satgas mengkoordinasikan kegiatan maupun pengembangan sesuai dengan bidang masing-masing.

Di samping satgas seperti tersebut di atas, Dosen Jurusan BKP juga dikelompokkan ke dalam rumpun matakuliah sesuai dengan matakuliah yang diampu. Adapun rumpun matakuliah tersebut meliputi: Tim Rumpun Bimbingan, Tim Rumpun Konseling, Tim Rumpun Psikologi, Tim Rumpun Penelitian dan Tim Rumpun Kekhususan, walaupun sebagian overlap. Tim rumpun matakuliah berperan utama dalam pengembangan kegiatan belajar dan pembelajaran sesuai dengan rumpun matakuliah masing-masing.

Sementara dalam aktivitas yang berkaitan dengan praktikum dan pengembangan, jurusan didukung oleh laboratorium yang dipimpin oleh seorang Kepala Laboratorium BK. Kepala Laboratorium bertugas mengkoordinasikan keseluruhan kegiatan praktikum dan pengembangan yang dilaksanakan di laboratorium dan bertanggungjawab kepada Ketua Jurusan. Dalam menjalankan perannya Kepala Laboratorium didukung oleh Seksi Bimbingan Belajar dan Karir, Seksi Bimbingan Pribadi dan Sosial, Seksi Konseling dan Seksi Instrumentasi Bimbingan dan Konseling.

Secara visual, struktur organisasi Jurusan BK dapat dilihat pada gambar berikut.

struktur organisasi bk

Translate »