Pada hari Senin, 19 Agustus 2024, bertempat di SMP Negeri 3 Batu, telah dilakukan penyerahan karya inovatif dari mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) kepada kepala sekolah dan konselor sekolah. Karya inovatif tersebut berupa “Board Game Petualangan Emosi untuk Meningkatkan Kemampuan Katarsis Siswa SMP.”
Penyerahan ini merupakan hasil dari kolaborasi dan dedikasi delapan mahasiswa BK yang terdiri dari Titah Pangesti Prameswari, Sharifah Radhiana Ansor, Dhea Fitri Rahmawati, Bintan Olivia, Salsabila Alvinajmia Shafia Rachma, Intan Ayu Sabila, Masarohmat, dan Ayomi Difa Nasyira. Mereka telah mengembangkan board game ini dengan tujuan untuk membantu siswa SMP dalam memahami dan mengelola emosi mereka dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.
Board game ini merupakan hasil inovasi dan kreativitas para mahasiswa dalam upaya meningkatkan kemampuan katarsis siswa. Melalui permainan ini, siswa dapat mengeksplorasi berbagai situasi emosional dan belajar bagaimana mengatasi berbagai perasaan mereka secara efektif.
Selain itu, produk ini juga telah mendapatkan perlindungan hukum dengan nomor Hak Cipta yang telah diajukan di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI), Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Ini menandakan bahwa karya tersebut memiliki hak perlindungan yang sah dan diakui secara resmi.
Kepala SMP Negeri 3 Batu, bersama dengan konselor sekolah, menyambut baik dan mengapresiasi inisiatif serta karya inovatif dari mahasiswa BK ini. Diharapkan bahwa board game ini dapat memberikan dampak positif bagi siswa dalam mengelola emosi mereka serta meningkatkan kualitas layanan bimbingan dan konseling di sekolah.
Dengan penyerahan ini, diharapkan kerjasama antara pihak kampus dan sekolah dapat terus berkembang untuk mendukung perkembangan dan kesejahteraan siswa secara optimal.